Pengecatan Mobil Sistem Oven

Pengecatan Mobil Sistem Oven – Bagi Anda pecinta otomotif mobil yang suka merubah tampilan mobil dengan mengecatnya tentu sudah tahu tentang cat oven. Cat Oven merupakan sistem pengecatan menggunakan Oven / Paint booth / spray booth.

Pengecatan Mobil Sistem Oven

Pengecetan ini tidak terlalu mementingan jenis cat yang digunakan, namun lebih mementingkan prosesnya. Proses pengecetan menggunakan metode ini dilakukan pada ruangan tertutup yang steril.

Penggunaan Oven / Paint booth dalam proses pengecatan metode ini memiliki fungsi yang sangat krusial. Oven ini digunakan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang bebas debu dan kotoran. Selain itu proses pengecetan ini juga tidak bergantung pada kondisi cuaca sehingga menghemat waktu pengerjaan.

Kunci pengecetan menggunakan metode ini adalah faktor airflow (perputaran udara) dan kebersihan, apabila airflow lancar maka uap dari sisa cat yang tidak menempel bisa langsung terbuang dan tidak menempel atau jatuh lagi pada bodi mobil.

Airflow yang lancar juga akan menunjang kinerja painter (tukang cat) untuk bekerja dengan maksimal karena uap cat dan clear yang pekat bisa segera terbuang dan tidak menganggu painter yang ada di dalam ruangan tersebut.

Selain airflow, faktor kebersihan juga sangat diperhatikan disini. Apabila yang tersedot dalam sistem airflow adalah udara kotor (mengandung debu) maka hal tersebut akan percuma saja. Kotoran dan debu tadi akan menempel di body mobil yang dicat dan merusak hasilnya secara keseluruhan.

Karenanya oven yang baik adalah yang mampu mengalirkan airflow yang bagus tanpa membawa kotoran atau debu. Oven yang digunakan dalam proses pengecatan metode ini juga harus mampu menyediakan panas yang sesuai untuk mengeringkan cat hingga sempurna.

Penggunaan kata oven sendiri karena pada Paint Booth profesional juga mempunyai elemen pemanas baik itu heater maupun infra red thermal lamp (lampu Infra Merah). Hal ini berguna untuk memanaskan suhu ruangan hingga mencapai 60 derajat Celcius.

Harga Paint booth profesional ini memiliki harga yang mahal, hal ini membuat tidak banyak bengkel yang menggunakan pengecatan metode oven. Hal ini juga berimbas pada biaya pengecatan yang mahal pula.

Oleh karena itu banyak bengkel yang memakai Paint booth custom sebagai alternatif untuk menekan biaya yang diperlukan. Paint booth custom ini mempunyai sistem yang sama namun tidak menggunakan heater untuk menekan penggunaan biaya.

Untuk penggantinya dapat memakai lampu sorot / lampu tembak yang menggunakan daya 300 W dengan jumlah 6 – 8 buah/booth. Meskipun membutuhkan biaya yang mahal namun hal itu sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Hasil pengecatan menggunakan metode ini akan membuat bodi mobil Anda menjadi sangat halus dan berkilap. Bahkan kehalusan ini dapat mencapai ukuran mikro yang hanya dapat dideteksi menggunakan alat roughness tester atau alat ukur kekasaran permukaan benda.

Metode pengecatan ini digunakan pada mobil – mobil mahal yang berharga fantastis karena terkenal dengan hasilnya yang baik. Namun sekali lagi biaya pengecatan menggunakan metode ini membutuhkan kocek yang menguras dompet Anda.

Leave a comment